Tentang Kami

Latar Belakang

Dalam upaya untuk mengembangkan kualitas layanan pembelajaran, Universitas Padjadjaran (UNPAD) berinisiatif menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi peserta didik yang secara geografis dan waktu memiliki kesulitan untuk melakukan pembelajaran di kampus UNPAD. Inisiatif ini merupakan respon atas semakin besarnya demand dari masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan dari pakar-pakar yang ada di Unpad.  Penyelenggaraan PJJ ini bukan lagi hal yang sulit, dengan semakin meningkat dan berkembangnya sumber daya dan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), PJJ bukan lagi hal yang tidak mungkin untuk dilaksanakan. Sudah banyak best practice dari institusi-institusi pendidikan tinggi yang sudah memberikan layanan PJJ bagi peserta didiknya.

Layanan PJJ Unpad ini merupakan pengembangan dari layanan e-Learning yang sudah lebih dahulu eksis di Unpad, layanan e-Learning di Unpad pada awalnya lebih diutamakan sebagai suplemen perkuliahan, sekarang ditingkatkan fungsionalisasinya untuk bisa melaksanakan perkuliahan secara distance learning. Pengalaman pengelolaan e-Learning yang sebelumnya sudah lama berjalan, menjadi bekal penting untuk bisa melakasanakan program PJJ ini.

DASAR HUKUM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  1. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pasal 4 ayat 2 dan pasal 5 ayat 5.
  2. UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, pasal 31
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi,
  4. Peraturan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor 33 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan e-Learning di Universitas Padjadjaran
  5. Program Bappenas tentang “Prioritas Pembangunan Nasional”. Peningkatan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang relevan terhadap kebutuhan pasar kerja dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu berkontribusi terhadap daya saing bangsa;

GAMBARAN UMUM

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang akan dilaksanakan di Universitas Padjadjaran dibuat dalam 2 program yaitu degree dan non-degree. Untuk program degree akan dimulai pada semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 yang akan dilaksanakan pada Program Studi Inovasi Regional di Sekolah Pascasarjana dan Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 akan dilaksanakan pada program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unpad dan program Studi Kebijakan Publik FISIP Unpad. Sedangkan untuk program non degree akan dirilis sepuluh modul PJJ dalam bentuk Massive Open Online Course (MOOC) dengan koordinasi dibawah Sekolah Pascasarjana.

KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN

Program PJJ degree merupakan pengembangan metode pembelajaran pada program degree yang sebelumnya sudah ada dari metode konvensional menjadi metode online. Program PJJ degree diperuntukkan bagi mahasiswa Unpad aktif. Sedangkan program non-degree, adalah pembelajaran online yang disediakan oleh Unpad bagi masyarakat umum secara masive dan terbuka sehingga disebut juga Massive Open Online Course (MOOC). MOOC Unpad menawarkan modul-modul pembelajaran dengan topic-topik yang spesifik dengan durasi waktu tertentu. Peserta yang lulus MOOC Unpad akan mendapatkan sertifikat khusus (e-Certificate) dari Unpad.  Berikut ini uraian lebih detail dari program PJJ Unpad:

Penyelenggaraan PJJ di Unpad untuk kategori degree difokuskan pada jenjang magister dengan pilot project dimulai pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 pada Program Studi Inovasi Regional dari Sekolah Pascasarjana. Program Studi Inovasi Regional saat ini memiliki program kerjasama dengan penyeleggaraan beasiswa pendidikan bagi staff Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Pada program kerjasama ini, proses pembelajaran akan menggunakan metode PJJ.

Untuk selanjutnya akan dirilis 2 program PJJ degree dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran dan Program Studi Kebijakan Publik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kedua program studi ini akan rilis pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 tepatnya di bulan Agustus 2018.

Penyelenggaraan program PJJ degree ini pada prinsipnya berjalan sesuai standar akademik yang ditetapkan Unpad yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Pembeda utamanya adalah pada program ini dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan e-learning. Pembelajaran jarak jauh dikelola dengan Learning Management System (LMS) yang bernama LiVE Unpad.

Program PJJ non degree merupakan solusi yang diberikan oleh Unpad terhadap tingginya kebutuhan masyarakat terhadap ilmu dan keterampilan yang diakui oleh stakeholder di lapangan kerja. Unpad memiiki potensi besar dalam menyediakan pembelajaran berkualitas dengan banyaknya pakar di Unpad. Selain itu, daya saing dan nilai pengakuan masyarakat terhadap kualitas lulusan Unpad sudah tidak diragukan lagi.

Program PJJ non degree Unpad dilaksanakan dengan metode Massive Open Online Course (MOOC). MOOC adalah sistem pembelajaran berupa kursus online yang dirilis secara masive dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas secara daring. Metode pembelajaran yang khas dari MOOC yaitu adanya forum interaksi dan fasilitator online sebagai fasilitas utama bagi pembelajar MOOC dalam berbagi informasi, berdiskusi, melakukan analisa dan mensintesa ilmu yang dipelajari.

TUJUAN

Program pengembangan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Unpad bertujuan untuk:

  1. Memperluas akses pendidikan bagi peserta didik yang terkendala secara jarak dan waktu
  2. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan pendidikan di Unpad dengan pemanfaatan TIK