Hibah Implementasi Kampus Merdeka (HIKAM) Universitas Padjadjaran
Panduan | 04 May 2020 | oleh : Admin

 

Seiring dengan Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Universitas Padjadjaran mendukung kebijakan tersebut, salah satunya melalui peluncuran HIBAH IMPLEMENTASI KAMPUS MERDEKA. Tujuan dari program hibah ini adalah meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran; mendorong re-orientasi kurikulum; meningkatkan kemitraan dengan berbagai pihak, dan meningkatkan profesionalisme para pendidik Unpad.

Program studi sebagai sasaran dari Hibah Implementasi Kampus Merdeka, diberi kesempatan untuk melakukan re-orientasi kurikulum dan menyusun berbagai kegiatan yang sesuai dengan kebijakan Kampus Merdeka untuk memberikan hak belajar bagi mahasiswa selama tiga   semester di luar program studi. Adapun kegiatan di luar kampus yang dapat dirancang misalnya: magang; proyek di desa; mengajar di sekolah; pertukaran pelajar; penelitian; berwirausaha; proyek independen; dan proyek kemanusiaan.

Besaran dana hibah yang disediakan yaitu maksimum sebesar seratus juta rupiah untuk satu tahun. Target hibah tahun ini adalah terlaksananya program Kampus Merdeka pada semester ganjil 2020/2021 di 34 program studi di Unpad. Periode penerimaan proposal adalah tanggal 4 sampai dengan 16 Mei 2020. Satu Program Studi hanya dapat mengajukan satu proposal, dan proposal dapat disampaikan kepada Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Universitas Padjadjaran.

Download Panduan HIKAM