Panduan Asesmen Sumatif dalam
Pembelajaran Daring di Universitas Padjadjaran

Panduan ini dapat dimanfaatkan oleh dosen dalam merancang asesmen sumatif dalam pembelajaran daring termasuk strategi dan pilihan aplikasi yang dapat digunakan. Panduan ini disesuaikan dengan teknologi yang tersedia dan aplikatif untuk menyelenggarakan ujian daring untuk mengevaluasi capaian pembelajaran mahasiswa.

Selain asesmen sumatif, dalam pembelajaran daring dosen memiliki kesempatan untuk dapat memaksimalkan asesmen formatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran daring karena teknologi informasi dapat menunjang penyampaian umpan balik yang otomatis dan cepat. Panduan untuk merancang asesmen formatif bisa diakses di sini.

Pemanfaatan lingkungan daring untuk asesmen

Berikut adalah pilihan lingkungan daring untuk menyelenggarakan asesmen baik formatif maupun sumatif di lingkungan Universitas Padjadjaran.


No. Metode Jenis Platform Panduan
1. Pengumpulan tugas daring
  • Essays: discursive, descriptive, analytical, reflective essay.
  • Reports: Case Based Learning (CBL), Problem based learning (PBL)
  • Reviews: critical, analytica
  • Media: image, audio, video, presentation
  • Fitur assignment pada Google classroom
  • Fitur Assignment pada LIVE Unpad
2. Asesmen otomatis
  • Multiple choice
  • Short answer
  • Calculation
  • Fill blanks
  • True/false
  • Matching
  • Drag and drop
  • Simulations
  • Kombinasi Google Form dengan Google classroom
  • Kombinasi Google form dengan LMS LIVE Unpad
3. Diskusi daring
  • Forums: case analysis, project development
  • Debates
  • Allocated roles: lead, summarise, provoke
  • Fitur Forum pada LIVE Unpad
  • Fitur Question pada Google Classroom
4. Tugas publikasi daring
  • E-portfolios
  • Webpages: blogs, wikis
  • Shared documents: Google Docs
  • Sosial media
  • Blogger
  • Instagram
  • Google Docs
5. Ujian oral daring
  • Oral test
  • Wawancara
  • Focus Group Discussion (FGD)
  • Google Hangout Meet
  • Zoom Meeting

Asesmen sumatif

Asesmen sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pada akhir sebuah unit instruksi atau satu capaian belajar yang bertujuan untuk memberikan nilai ( grade ) pada hasil belajar mahasiswa. Dalam pembelajaran daring, bobot asesmen sumatif sebaiknya tidak terpusat pada Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) saja tetapi dibuat menjadi proporsi yang lebih kecil-kecil dan tersebar di sepanjang proses pembelajaran untuk menilai satuan capaian belajar yang lebih spesifik.

img-panduan-asesmen

Metode dan Strategi pelaksanaan Asesmen Sumatif dalam Pembelajaran Daring

Metode asesmen yang beragam diperlukan dalam mendistribusikan asesmen dalam bentuk yang lebih kecil-kecil dan untuk memberikan pengalaman belajar yang engaging dan memotivasi. Tujuan utama melakukan asesmen adalah untuk menilai capaian belajar baik kognitif, afektif maupun psikomotor. Dalam pembelajaran daring, menilai domain psikomotor masih menjadi tantangan. Ujian daring dengan Multiple Choice Question (MCQ) merupakan metode asesmen yang umum, namun tersedia banyak metode asesmen lain yang bisa dimanfaatkan terutama untuk menilai kognitif, dan afektif secara valid. Berikut adalah pilihan metode asesmen yang dapat digunakan.

  1. Pengumpulan tugas daring
    Jenis Penugasan:
    • Essays: discursive, descriptive, analytical dan reflective essay.
    • Reports: Case Based Learning (CBL), Problem based learning (PBL)
    • Reviews: critical, analytical
    • Media: image, audio, video, presentation

    Platform yang digunakan:
    • Assignment pada Google Classroom. Akses panduan teknisnya di sini
    • Assignment pada LIVE Unpad. Akses panduan teknisnya di sini

    Strategi pelaksanaan:
    • Deskripsi secara lengkap peraturan, instruksi, deadline, dan bobot penilaian tugas.
    • Sediakan rubrik penilaian atau kriteria evaluasi sejak awal penugasan
    • Sediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas

  2. Ujian daring dengan asesmen otomatis
    Platform yang digunakan:
    • Fitur Quiz pada Google Form. Akses panduan teknisnya di sini
    • Fitur Quiz pada Learning Management System (LMS) LIVE Unpad. Akses panduan teknisnya di sini

    Strategi pelaksanaan:
    • Jadwalkan ujian dalam waktu yang bersamaan/singkronus
    • Gunakan kasus untuk menguji kemampuan analisis
    • Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang bersifat analisis sehingga untuk bisa menjawabnya tidak cukup dengan membaca catatan/materi.
    • Gunakan jenis soal yang bervariasi seperti ‘mencocokkan’, ‘checkbox’ atau ‘jawaban singkat’ untuk dapat meningkatkan kesulitan pertanyaan.
    • Buatlah bank soal. Tips: buatlah 2 atau 3 jenis soal yang sedikit berbeda dari soal aslinya dengan memodifikasi keterangan pada soal.
    • Tarik soal-soal secara otomatis dan random dari bank soal. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan Add on Form Maker dalam Google Form

    Teknis ujian daring dengan Google Form:

    Semua aplikasi Google Suite yang digunakan dalam pembelajaran daring di Unpad wajib menggunakan akun Google Unpad. Gunakan fitur quiz pada Google Form, kemudian lampirkan atau embed link Google Form untuk ujian di Google classroom atau LMS LIVE Unpad agar sesi ujian dapat terdeteksi oleh sistem.

    • Kemampuan Google Form dalam pelaksanaan ujian daring:
      • Mampu digunakan banyak mahasiswa secara bersamaan
      • Pengaturan jumlah pengerjaan ujian (attempts) bisa disesuaikan.
      • Random soal dan random opsi jawaban
      • Soal dapat diupload secara bulky atau sekaligus dalam jumlah banyak dengan Add on Form Builder. Gunakanlah Add on yang telah disediakan karena hanya Add on tertentu yang telah mendapat izin pemakaian oleh administrator G-Suite Unpad.
      • Ujian dapat dibatasi waktu pengerjaannya. Gunakan Add on FormLimiter pada Google Form.
      • Dapat membatasi jumlah soal yang tampil dalam satu halaman. Gunakan fitur Section.
      • Tersedia pilihan untuk menampilkan nilai akhir.
      • Akses dapat diintegrasikan ke LMS baik Google Classroom maupun LMS LIVE Unpad dengan teknik embedding atau insert URL.
      • Dapat melampirkan video dan gambar.

      Keterbatasan Google Form dalam ujian daring:
      • Belum memiliki fasilitas lockscreen, sehingga memungkinkan screenshot
      • Rekapitulasi nilai belum bisa terintegrasi dengan LMS, dan berada di response sheets yang terpisah dengan LMS.

    Teknis Ujian dengan LMS LIVE Unpad:

    Gunakan fitur quiz pada LMS LIVE Unpad untuk melaksanakan ujian daring.

    • Kemampuan LIVE Unpad dalam pelaksanaan ujian daring:
      • Pengaturan jumlah pengerjaan ujian (attempts) bisa disesuaikan.
      • Random soal dan random opsi jawaban
      • Soal dapat diupload secara bulky atau sekaligus dalam jumlah banyak.
      • Ujian dapat dibatasi waktu pengerjaannya.
      • Dapat membatasi jumlah soal yang tampil dalam satu halaman. Gunakan fitur Section.
      • Akses satu pintu dalam LIVE Unpad
      • Tersedia pilihan untuk menampilkan nilai akhir.
      • Nilai otomatis terekam dalam LMS yang sama
      • Dapat melampirkan video dan gambar.
      • Opsi navigasi dari soal ke soal lebih lengkap
      • Terdapat fitur Flag untuk menandai soal yang belum dijawab/tidak yakin
      • Jenis soal beragam:
        • Calculated and Calculated Simple
        • Calculated Multichoice
        • Drag and Drop onto Image
        • Drag and Drop Markers
        • Drag and Drop into Text
        • Embedded Answers (Cloze)
        • Essay
        • Matching
        • Multiple Choice
        • Numerical
        • Select Missing Words
        • Short Answer
        • True/False
        • Description

      Keterbatasan LIVE Unpad dalam pelaksanaan ujian daring:
      • Belum memiliki fasilitas lockscreen, sehingga memungkinkan screenshot

  3. Presentasi daring
    Platform yang digunakan:
    • Fitur assignment dalam LMS Google Classroom. Akses panduan teknisnya di sini.
    • Fitur assignment dalam LMS LIVE Unpad. Akses panduan teknisnya di sini.

    Strategi pelaksanaan:
    • Sediakan rubrik penilaian atau kriteria evaluasi sejak awal penugasan.
    • Berikan instruksi penugasan secara detail.
    • Sediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas
    • Berikan tugas yang menstimulasi mahasiswa melakukan pekerjaan (action-based) misalnya mempresentasikan sebuah studi kasus.
    • Output dapat berupa file image, video, dokumen dan lainnya, yang dapat diunggah ke LMS.

  4. Diskusi online

    Diskusi online secara singkronus dapat digunakan untuk menilai kemampuan analisis mahasiswa dalam waktu yang terbatas (time pressured).

    Platform yang digunakan:
    • Fitur Questions pada Google Classroom. Akses panduan teknisnya di sini.
    • Fitur Forum (setting: graded) pada LMS LIVE Unpad. Akses panduan teknisnya di sini.

    Strategi pelaksanaan:
    • Model diskusi daring yang dapat digunakan diantaranya analisis kasus, project development, dan debat.
    • Teknik diskusi online dapat dilakukan secara konvergen atau divergen.
    • Sediakan kasus dan rubrik penilaian atau kriteria evaluasi
    • Buat aturan diskusi secara detail
    • Tetapkan waktu pelaksanaan diskusi

  5. Tugas publikasi online

    Berikan mahasiswa tugas yang dikemas dalam format e-portfolio, blogs, atau shared documents seperti Google Docs.

    Platform yang digunakan:
    • Assignment pada Google Classroom. Akses panduan teknisnya di sini
    • Assignment pada LIVE Unpad. Akses panduan teknisnya di sini.

    Strategi pelaksanaan:

    Pendekatan yang dapat diterapkan yaitu self reflection, collaborative writing, wikis, dan laporan.

    • Sediakan kasus dan rubrik penilaian atau kriteria evaluasi
    • Berikan instruksi tugas secara detail
    • Tetapkan deadline pengumpulan tugas

  6. Ujian oral secara daring
    Macam ujian oral daring:
    • Oral test
    • Wawancara
    • Focus Group Discussion (FGD)

    Platform yang digunakan:
    • Google Hangout Meet. Akses panduan teknisnya di sini
    • Zoom Meeting. Akses panduan teknisnya di sini.

    Strategi pelaksanaan:
    • Ujian dilakukan dalam kelompok kecil terdiri atas maksimal 12 mahasiswa.
    • Jika mengampu kelas besar, bagi ujian ke dalam beberapa gelombang.
    • Sediakan rubrik evaluasi dan daftar pertanyaan yang relevan.
    • Video conference memungkinkan dosen untuk menilai sikap saat berkomunikasi.

Informasi tambahan lainnya

LIVE UNPAD

Website: live.unpad.ac.id

Telp & Whatsapp: 085759314557 (Aditya); 085225999797 (Djadja)

FB Page: @liveunpad

OA LINE LIVE UNPAD: @liveunpad

Email: elearning@unpad.ac.id; aditya@unpad.ac.id; djadja.amarullah@unpad.ac.id;

Alamat: Ruang e-Learning, Gedung Grha Kandaga, Lt 4. Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang

Video Conference LiVE UNPAD

Layanan pemesanan vicon silahkan akses di sini

Website: http://streaming.unpad.ac.id/

Email: sandi@unpad.ac.id

Helpdesk IT

Website: http://dtsi.unpad.ac.id/

Email: support@unpad.ac.id

Informasi mengenai Coronavirus

http://www.unpad.ac.id/covid-19/

Updated by April 2th, 2020, 12.01 PM