Panduan Asesmen Formatif dalam
Pembelajaran Daring di Universitas Padjadjaran

Asesmen Formatif 

Kelebihan dari pembelajaran daring salah satunya adalah memberikan asesmen formatif yang optimal. Misalnya, online quiz mampu memberikan penilaian otomatis dengan umpan balik yang rasional. Asesmen formatif yaitu penilaian pembelajaran yang dilakukan sepanjang proses pembelajaran bertujuan mengetahui perkembangan (progress) pembelajaran mahasiswa. Asesmen formatif dapat diaplikasikan sepanjang proses pembelajaran dan memungkinkan dosen memberikan umpan balik yang segera, sehingga kelemahan mahasiswa dapat termonitor dan diperbaiki. Asesmen formatif diterapkan dalam porsi materi yang lebih kecil, misalnya diterapkan per satu topik.

 

Strategi dalam menerapkan asesmen formatif

Berikan umpan balik segera/otomatis

Dosen dapat memanfaatkan fitur umpan balik otomatis pada beberapa jenis asesmen daring, yang bisa mengurangi beban kerja, terutama untuk diaplikasikan pada kelas besar.

Berikan umpan balik yang konstruktif

Berikan umpan balik yang memberikan mampu menjelaskan alasan atau rasionalisasi mengapa jawaban mahasiswa dianggap keliru, dengan bahasa yang memotivasi mahasiswa. Misalnya, online quiz yang sudah diberikan umpan balik atau petunjuk yang tersedia ketika mahasiswa memilih jawaban yang benar maupun salah.

Online quiz sebagai self-checked

Berikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa online quiz yang diberikan pada setiap topik berfungsi sebagai self-checked atau latihan soal yaitu untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap suatu topik. Berikan mahasiswa kesempatan untuk mengerjakan asesmen formati berulang-ulang.

Tidak dianjurkan memberikan nilai (grade) pada asesmen formatif

Dosen dapat menggunakan online quiz sebagai asesmen formatif luaran skor misalnya dengan kisaran 0-100. Namun tidak dianjurkan untuk memberikan bobot penilaian pada asesmen formatif. Asesmen formatif merupakan ruang dimana mahasiswa belajar dari kesalahannya dan untuk menyadari posisi mahasiswa dari capaian yang seharusnya diraih. Memberikan penilaian ( grade) terlalu dini akan menurunkan motivasi mahasiswa. Sebaliknya asesmen formatif dengan umpan balik yang konstruktif mampu memotivasi mahasiswa.

Kemajuan mahasiswa menentukan arahan yang diberikan dosen

Hasil dari setiap asesmen formatif yang dilakukan menentukan arah pembelajaran mahasiswa. Dosen harus sesegera mungkin mengidentifikasi kelemahan mahasiswa dan memberikan koreksi.

Pastikan soal-soal relevan dengan Learning Outcomes

Relevansi soal terhadap capaian pembelajaran pada satuan unit yang kecil akan membantu mahasiswa untuk dapat meraih tujuan pembelajaran utama di akhir perkuliahan.

Gunakan tipe asesmen otomatis yang beragam

Penggunaan tipe pertanyaan dalam quiz online dapat menghadirkan pengalaman belajar yang menarik. Tipe pertanyaan tertentu dioptimalkan untuk mencapai LO yang diinginkan. Ragam pertanyaan diantaranya:

  • True/false
  • Matching (Drag and Drop, Drag and Match, Dropdown)
  • Single/Multiple select
  • Fill in the blanks
  • Crossword
  • Puzzles

 

Informasi tambahan lainnya

LIVE UNPAD

Website: live.unpad.ac.id

Telp & Whatsapp: 085759314557 (Aditya); 085225999797 (Djadja)

FB Page: @liveunpad

OA LINE LIVE UNPAD: @liveunpad

Email: elearning@unpad.ac.id; aditya@unpad.ac.id; djadja.amarullah@unpad.ac.id;

Alamat: Ruang e-Learning, Gedung Grha Kandaga, Lt 4. Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang

Video Conference LiVE UNPAD

Layanan pemesanan vicon silahkan akses di sini

Website: http://streaming.unpad.ac.id/

Email: sandi@unpad.ac.id

Helpdesk IT

Website: http://dtsi.unpad.ac.id/

Email: support@unpad.ac.id

Informasi mengenai Coronavirus

http://www.unpad.ac.id/covid-19/

Updated by April 2th, 2020, 13.18 PM